SEKOLAHKU BERHIAS merupakan kepanjangan dari Sekolahku Bersih, Hijau, Asri dan Sehat. Program Sekolahku BERHIAS merupakan program yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru sejak tahun 2012.

Program ini diharapkan tidak hanya akan menciptakan lingkungan sekolah yang Bersih, Hijau, Asri dan Sehat untuk mendukung suasana belajar yang kondusif, tetapi juga diharapkan berperan dalam menanamkan nilai-nilai religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab. Dengan demikian sekolah dapat benar-benar menjadi wahana yang baik dan strategis untuk membentuk Sumber Daya Manusia yang handal dan berakhlak mulia.

Gambar : SDN Landasan Ulin Timur 2

Program Sekolahku BERHIAS dilaksanakan dengan mensinergikan beberapa program yang dilaksanakan oleh instansi yang terkait seperti Badan Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, serta Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Program ini dilaksanaan pada seluruh jenjang pendidikan dengan melibatkan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.

Melalui program ini, Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru berupaya mewujudkan sekolah sebagai sebuah bentuk dari komunitas kehidupan yang tidak hanya mementingkan aspek intelektual saja, namun juga mengintegrasikan pembangunan aspek lain seperti pembangunan karakter dan moral anak didik.

Salah satu faktor yang menjadi perhatian dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas adalah perlunya mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, tertata dan terintegrasi dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini berangkat dari pemikiran bahwa proses belajar mengajar juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Konsentrasi dari otak tidak terlepas dari lingkungan. Jika lingkungan bersih, maka dapat meningkatkan konsentrasi kerja otak sehingga konsentrasi berfikir lebih luas, dengan kata lain lingkungan yang bersih merupakan salah satu faktor timbulnya minat bagi seorang peserta didik untuk mengembangkan segala potensi yang ada dalam dirinya.