Kepala Dinas Pendidikan Dedy Sutoyo, S.STP, MM Memberikan Arahan Dalam Kegiatan Rakor Operator Dapodik Kota Banjarbaru.

Kegiatan Rapat Koordinasi Operator Dapodik Kota Banjarbaru untuk bulan November Tahun 2022 bertempat di SD Alam Muhammadiyah yang beralamat di Jalan Golf Swarga Loka Rw.03 Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Kegiatan ini adalah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan dengan dihadiri oleh seluruh operator Dapodik se-Kota Banjarbaru, untuk saling berkoordinasi dan bertukar pikiran, terutama membahas hal-hal penting terkait permasalahan atau kendala yang sering terjadi dalam pengelolaan data pendidikan di sekolah.

Para Operator Dapodik Mengikuti Rapat Koordinasi di SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Dedy Sutoyo, S.STP, MM berkesempatan hadir pada kegiatan tersebut, dalam sambutan nya beliau mengapresiasi kinerja para operator yang bertugas dalam mengelola data pokok pendidikan di sekolah, mulai menginput data, memverifikasi dan memvalidasi data, sehingga dihasilkan data pendidikan yang akurat dan berkualitas. Selanjutnya beliau juga menekankan terkait adanya data susfect Anak Tidak Bersekolah (ATS), Drop Out (DO) dan Lulus Tidak Melanjutkan (LTM) di Kota Banjarbaru, para operator diharapkan bisa memverifikasi dan memvalidasi data tersebut di wilayah Satuan Pendidikan masing-masing, karena data tersebut adalah merupakan data susfect yang masih harus di verifikasi dan di validasi lagi oleh sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Kepala Dinas juga meminta agar pemberlakuan absen sistem online lewat finger print di lakukan kembali, setelah beberapa tahun sempat vacum dikarenakan adanya pandemi.

Para Operator Dapodik Mengikuti Rapat Koordinasi di SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru

Data Pokok Pendidikan adalah merupakan sumber data utama disekolah, yang menjadi acuan dalam berbagai macam kebijakan pendidikan, seperti penyaluran BOS, BOP, DAK, TPG, Tamsil, KIP, dll. Data yang berkualitas akan menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran sebaliknya data yang kurang akurat akan menghasilkan kebijakan yang kurang tepat, peran para operator sekolah sangatlah penting sebagai ujung tombak dalam pengelolaan data pokok pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *